Perambatan Suara dan Jenis-jenis Gelombang Suara

Posted: March 21, 2011 in Uncategorized

Kecepatan suara melalui udara adalah 344 m/sec. Semakin padat medium yang digunakan, semakin cepat suara menyebar. Kecepatan penyebaran suara bergantung kepada kepadatan dari medium. Setiap medium memiliki kecepatan suaranya masing-masing yang ditentukan pada temperatur konstan 23/24oC.

Dapatkah bunyi merambat melalui vakum?

Gelombang bunyi merambat dalam bentuk rapatan dan renggangan sehingga bunyi dapat merambat melalui zat padat, zat cair, dan gas.  Dapatkah bunyi merambat melalui vakum?  kesimpulannya bahwa bunyi tidak dapat merambat melalui vakum. Bukti nyata adalah para astronot di Bulan (bulan tidak memiliki atmosfer sperti bumi) tidak dapat saling berbicara secara langsung walaupun jarak mereka sangat dekat. Untuk berkomunikasi, mereka menggunakan alat komunikasi melalui gelombang radio (termasuk spektrum gelombang elektromagnetik).

Cepat rambat bunyi tidak bergantung pada jenis sumber bunyinya. Cepat rambat bunyi bergantung pada dua hal: jenis medium yang dilalui gelombang bunyi dan suhu medium. Udara merupakan medium yang paling sering dilalui gelombang bunyi yang kita dengar, gelombang bunyi dapat merambat melalui berbagai jenis medium. Zat cair dan zat padat merupakan penghantar yang lebih baik daripada udara sebab partikel-partikel di dalam zat cair atau zat padat saling mempengaruhi lebih kuat daripada partikel-partikel udara. Hal ini mengakibatkan perpindahan energi gelombang bunyi di dalam zat padat atau zat cair menjadi lebih mudah daripada di udara.

Faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi yaitu suhu, dan kekerasan.  Suhu medium juga merupakan faktor penting dalam menentukan cepat rambat bunyi. Pada saat suhu zat meningkat, molekul-molekulnya bergerak lebih cepat sehingga frekuensi tumbukan antar partikel lebih banyak. Meningkatnya tumbukan molekul ini akan lebih banyak memindahkan energi dalam waktu yang lebih singkat. Ini memungkinkan gelombang bunyi berpindah lebih cepat. Bunyi merambat melalui udara dengan cepat rambat 344 m/s, pada suhu 20° C, namun hanya dengan cepat rambat 332 m/s, pada suhu 0° C.

Cepat rambat = Jarak Tempuh / Waktu

Image:ust.jpg

Kita telah menyebutkan bagaimana rentang pendengaran telinga manusia berkisar antara 20 Hz dan 20 kHz. Sekarang kita akan mencoba memberi keterangan untuk frekuensi-frekuensi ini untuk memahami dengan lebih baik keberadaan mereka di rentang pendengaran.

Tabel. Spektrum frekuensi

Nama

Rentang

Ekstensi

(ekstensi oktaf)

Komentar

Frekuensi subsonik 1–20 Hz 4 Tidak dapat didengar oleh telinga manusia. Dihasilkan oleh gempa bumi, atau organ besar di gereja-gereja
Frekuensi sangat rendah 20-40 Hz 1 Oktaf terendah yang bisa didengar manusia. Bass drum dari drum kit dan not rendah pada piano, juga suara petir dan AC adalah contoh rentang ini
Frekuensi rendah 4-160 Hz 2 Hampir semua frekuensi rendah pada musik ada dalam rentang ini
Frekuensi rendah-menengah 160-315 Hz 1 C tengah pada piano (216 Hz) ada dalam rentang ini. Rentang ini mengandung banyak informasi sinyal suara yang bisa dirubah oleh teknik ekualisasi yang buruk
Frekuensi tengah 315 Hz-2.5 kHz 3 Sensitifitas telinga paling tinggi pada rentang ini. Rentang ini memiliki kualitas suara seperti telpon bila diisolasi
Frekuensi tinggi 2.5-5 kHz 1 Dalam rentang ini kurva isofonik memiliki puncaknya yang tertinggi sehingga telinga paling sensitif terhadap rentang ini. Ekualisasi instrumen pada rentang ini meningkatkan kehadirannya dalam mix, membawanya ke depan instrumen yang lain; dan sebaliknya
Frekuensi tinggi 5-10 kHz 1 Rentang dimana kita mempersepsi brightness atau terang suatu suara karena mengandung harmonik yang dihasilkan not dalam rentang sebelumnya. Energi akustik sangat rendah pada rentang ini, dan konsonan ‘s’, ‘t’, dan ‘c’ ada dalam rentang ini
Frekuensi sangat tinggi 10-20 kHz 1 Lebih sedikit lagi energi akustik ada dalam rentang ini. Hanya harmonik tertinggi dari instrumen tertentu ada dalam rentang ini, tetapi tetap penting karena brightness berasal dari harmonik ini dan mix akan terdengar dull tanpanya.

 

Jenis-jenis gelombang bunyi/suara

Kebanyakan manusia tidak dapat mendengar bunyi dengan frekuensi di atas 20.000 Hz, yang dinamakan gelombang ultrasonik. Hewan-hewan tertentu, seperti anjing, kucing, dan lumba-lumba dapat mendengar gelombang ultrasonik. Kelelawar dapat menghasilkan dan mendengar frekuensi setinggi 100.000 Hz untuk mengetahui posisi makanan dan menghindari benda-benda saat terbang di kegelapan. Gelombang ultrasonik digunakan pada sonar di samping pada diagnosis kesehatan dan pengobatan.

Image:lum2.jpg

Kuat bunyi merupakan ukuran keras lemahnya bunyi yang didengar oleh telinga. Kuat bunyi berhubungan dengan energi gelombang bunyi. Gelombang bunyi yang berenergi besar akan menghasilkan bunyi yang kuat. Sebaliknya, gelombang bunyi berenergi kecil menghasilkan kuat bunyi yang kecil. Kuat bunyi diukur dalam satuan desibel, disingkat dB.

pengertian dari infrasonik, audiosonik, dan ultrasonik :

1. infrasonik yaitu bunyi dengan frekuensi di bawah 20 Hz,  Contoh : jangkrik, gelombang gempa.

2. audiosonik yaitu bunyi dalam jangkauan frekuensi antara 20-20.000 Hz, Contoh : manusia.

3. ultrasonik yaitu bunyi dengan frekuensi di atas 20.000 Hz, Contoh : lumba-lumba, anjing.

Beberapa dari gelombang tersebut mempunyai manfaat tersendiri salah satunya yaitu ultrasonik dimanfaatkan untuk kacamata tunanetra. Seperti prinsip kerja kelelawar, kacamata ini memiliki alat yang berfungsi menghasilkan bunyi ultrasonik dan menangkap suara ultrasonik tersebut.

selain itu ada juga jenis-jenis bunyi pantul, yaitu gaung, gema, dan bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli. Pengertian dari masing-masing bunyi yaitu:

1). Gaung merupakan pantulan yang terdengar bersamaan dengan bunyi asli sehingga bunyi asli tidak terdengar jelas, jaraknya antara 10-20 meter.

2). Gema merupakan pantulan yang terdengar setelah bunyi asli diucapkan, jaraknya lebih dari 20 meter.

3). Bunyi pantulan yang memperkuat asli yaitu terdengar bersamaan dengan bunyi asli tetapi suara terdengar lebih keras bukan tidak jelas. jarak sumber     bunyi dan dinding tidak begitu jauh, yaitu kurang dari 10 meter.

Sumber :

http://ironesiburian.wordpress.com/2010/10/15/perambatan-suara/,

http://www.crayonpedia.org/mw/GLOMBANG_DAN_BUNYI_8.2_RINIE_PRATIWI

http://vidipratrapatria.blogspot.com/2010/08/pengertian-dan-jenis-jenis-gelombang.html

http://www.scribd.com/ doc/48094486/Artikel-Fisika

Comments
  1. Dany Kelautan 35 says:

    info bagus..
    o..iya saya pernah mendengan gara-gara pemakaian alat yang mengeluarkan gelombang ultrasonik, paus dan lumba-lumba bisa tersesat. ada penjelasannya??

    • thatha04 says:

      wah kalo yang itu saya kurang tau😀, saya juga baru dengar soal masalah seperti itu . hmm mungkin bisa ditanyakan pada dosen kita atau siapa aja yang sudah mengetahuinya . hehe . *maaf ya ga kejawab pertanyaannya dan🙂

  2. infonya bagus🙂
    selain lumba-lumba dan anjing, adakah hewan laut yang menghasilkan gelombang ultrasonik?😀

    • thatha04 says:

      yang saya tau kalo hewan laut cuma lumba-lumba ,, tapi kalau hewan yang lain yang menghasilkan gelombang ultrasonik yaitu kelelawar. nah kalau kawanan gajah biasanya berkomunikasi menggunakan gelombang infrasonik

  3. ahmad shofiyullah-230210090010 says:

    nice infooo!!!

    koment balik donk…

  4. Khusnu says:

    Kecepatan suara melalui udara adalah 344 m/sec.
    Lalu berapa kecepatannya di air??

    • thatha04 says:

      saya coba jawab pertanyaan kamu ya dan .. setau saya kecepatan suara di air tawar yaitu 1498 m/sec, nah kalo kecepatan suara di air laut yaitu 1531 m/sec.
      gmn ? uda terjawab kan ?

      terimakasih uda mau bertanya🙂

  5. deri76 says:

    dulu guru fisika saya pernah bilang : “lemah juga ya manusia,, walau hanya bisa mendengan pada frekuensi 20-20000Hz, tapi bisa tuli bila mendengar suara 70dB…”

  6. muhammad syafiq says:

    muhammad syafiq gumilang – 230210090007

    coba jawab dany kelautan aja deh, ya itu bisa mengganggu komunikasi anta hewan yang mengeluarkan jenis suara serupa, karena serupa, suari dari alat tersebut dari kawannya😀

  7. Mengapa hanya hewan-hewan tertentu seperti anjing, kucing, dan lumba-lumba yang dapat mendengar gelombang ultrasonik?? beriakn penjelasannya ya?
    Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s